Kenali Teknologi yang Disematkan pada Alat Bantu Dengar

by - September 11, 2019

Memiliki pendengaran yang sempurna merupakan anugerah yang tak ternilai dari Allah sang Pencipta. Karena bila telah terjadi sesuatu dengan pendengaran kita, baru lah kita paham betapa rezeki dari Allah berupa pendengaran yang baik adalah sesuatu yang patut kita syukuri. Dan sebagai bentuk syukur, maka kita harus menggunakan pendengaran ini dengan baik, mendengarkan yang baik, dan menjaganya dengan baik.

Tapi bila sesuatu terlanjur terjadi pada pendengaran, teknologi saat ini pun sudah menyediakan alat bantu dengar. Alat bantu dengar memiliki beragam fungsi untuk membantu meningkatkan kualitas pendengaran. Ketika masalah pada gangguan pendengaran dibiarkan tanpa ditangani, maka hal ini akan menyebabkan penurunan kemampuan auditori dalam jangka panjang.

Alat bantu dengar bekerja dengan memilih suara yang akan diproses di antara suara-suara lainnya. Teknologi di dalam alat bantu akan menyaring suara yang berasal dari jarak tertentu. 
Alat Bantu Dengar: RECEIVER IN CANAL
Alat bantu dengar model RIC (Receiver in Canal / speaker dalam liang telinga)
Alat bantu dengar dibekali dengan beberapa fitur teknologi alat bantu dengar yang bersinergi membantu memperbaiki kualitas pendengaran. Lantas, tahukah Anda teknologi apa saja yang disematkan dalam piranti ini?

Berikut ulasannya.

1. Digital Sound Processor (DSP)
Pemroses sinyal digital berfungsi untuk mengatur pemrosesan sinyal yang terjadi di saluran yang kemudian bergerak ke mikrofon ganda. Selain itu, DSP juga mengatur pemrosesan sinyal yang terjadi di manajemen bunyi, manajemen feedback hingga banyak lainnya. kinerja DSP sangat dipengaruhi oleh kecepatan RAM, prosesor, fleksibilitas serta beberapa perangkat lunak pendukung.

2. Saluran
Jumlah saluran yang terdapat di dalam piranti alat bantu dengar akan sangat menentukan kualitas pemrosesan sinyal hingga fleksibilitas sinyal. Jumlah saluran sendiri dipengaruhi oleh kinerja DSP yang memecah jumlah sinyal yang masuk ke dalam empat hingga enam buah saluran.

3. Kinerja Mikrofon Ganda
Ketika sinyal yang masuk pada waktu berbeda ke dalam mikrofon diukur dalam jangka waktu singkat, maka pemroses sinyal (DSP) akan mengabaikan beberapa sinyal atau beberapa bagiannya yang berasal dari beberapa arah. Teknologi mikrofon ganda berfungsi untuk meningkatkan kejernihan percakapan yang dilakukan di lingkungan bising.

4. Pengaturan Kebisingan
Noise management atau pengaturan kebisingan bekerja dengan mengukur isi sinyal serta kebisingan yang terjadi di setiap saluran. Teknologi pada alat bantu dengar ini berfungsi untuk menyaring kemudian melemahkan saluran yang mengantarkan suara bising ke dalam pendengaran.

Tak perlu bingung mencari toko alat bantu dengar karena pusat alat bantu dengar Melawai kini telah tersedia di 13 kota besar seluruh Indonesia. Pusat alat bantu dengar melawai.com menghadirkan alat bantu berkualitas dengan petugas yang telah terlatih. Anda juga bisa mendapatkan pemeriksaan pendengaran gratis di Melawai.
Alat Bantu Dengar: COMPLETELY IN CANAL
Alat bantu pendengaran model CIC (Completely In Canal / di dalam liang telinga)

You May Also Like

0 comments

Terima kasih sudah berkunjung ^^,
meninggalkan jejak yang baik akan membuat yang ditinggalkan menjadi lebih baik