Obat Alami Mengatasi Luka Bakar

by - July 29, 2019

Pernah gak sih ngalamin kejadian yang bikin kita mendapat luka bakar? Kalo saya pernah waktu gak sengaja nyenggol setrikaan panas. Rasanya euuhhh... perih, sakit, panas, gimana gitu. Tapi kejadian yang paling sering saya temui itu kena knalpot motor. Adik dan anak saya pernah tuh. Dalam kondisi kayak gitu kita seringnya dilanda rasa panik lalu dengan sembrono kita milih macem-macem buat ngobatin lukanya, atau paling tidak buat meredakan panas pertama kalinya itu.

Tapi ternyata sikap tenang sangat kita butuhkan dalam keadaan demikian supaya kita tidak asal menentukan mau pakai obat apa, jika bisa pilih obat luka bakar kena knalpot yang alami. Tentu banyak keunggulan obat alami ketimbang menggunakan produk olahan kimia.

Terdapat tingkatan pada luka bakar yang dialami oleh orang, yakni ringan, sedang, hingga yang terakhir adalah parah. Sementara itu, derajat luka sangat menentukan berhasil tidaknya pengobatan yang dilakukan, jika masuk dalam kategori yang luas maka perlu segera dilarikan ke rumah sakit.

Cara Penanganan Luka Bakar dengan Obat Alami

Terdapat cara alami yang mudah dilakukan ketika tubuh mengalami luka bakar tingkat pertama atau ringan. Luka pada kulit dapat diobati dengan beberapa bahan alami tanpa menyebabkan kerusakan yang serius pada bagian kulit luar.

- Air Dingin

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membasahi luka bakar dengan air dingin, air dengan suhu sejuk dan bukan merupakan air es. Basahi dengan air dingin yang mengalir selama 10 hingga 20 menit sampai rasa perih pada luka sedikit menghilang atau reda.

Gambar dari pexels.com

Anda juga dapat menggunakan handuk yang sudah direndam dengan air dingin selama 5 sampai 15 menit, akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa tidak disarankan terlalu sering mengompres kulit dengan menggunakan air dingin karena dapat memperparah iritasi.

- Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki sifat antiperadangan, mampu merangsang penyembuhan luka, melembabkan kulit dan mencegah perkembangan bakteri. Tanaman ini dapat juga disebut sebagai obat luka jatuh cepat kering, sebuah penelitian juga menyebut gel lidah buaya ampuh mengobati luka bakar.

Gambar dari pexels.com

Anda perlu mengoleskan gel lidah buaya asli langsung ke daerah kulit yang terkena luka bakar. Hindari produk lidah buaya yang mengandung bahan aditif, terutama produk yang berhubungan dengan perwarna dan parfum.

- Madu

Madu memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh manusia, seperti kandungan antiradang, antibakteri dan antijamur. Selain itu, suatu penelitian juga menunjukkan bahwa madu sangat berguna untuk mengatasi luka bakar ringan dengan lebih cepat.

Gambar dari pexels.com

Ternyata dengan bahan-bahan yang ada disekitar kita bisa menjadi obat alami untuk luka bakar ya, jadi jangan panik lagi kalau terkena luka bakar karena kita sudah tahu pertolongan pertama yang harus dilakukan.
Semoga bermanfaat ya. ^^

You May Also Like

9 comments

  1. Baru tahu ternyata pake madu bisa utk luka bakar yaaa.
    Terima kasih sharingnya mbaa 😊

    ReplyDelete
  2. yes benar madu bisa untuk obat bakar alami krn pernah coba itu waktu kepercik minyak panas

    ReplyDelete
  3. Lidah buaya ternyata enggak cuman buat rambut, ya. Madu juga bisa jadi obat luka bakar. Madu ini memang sejuta manfaatnya.

    ReplyDelete
  4. nyenggol setrikaan panas? seringggg
    kena knalpot? pernah, malah pernah sekali yang lumayan parahhhh ampe sekarang bekasnya masih ada, padahalnya kenanya jaman SMA :D

    ReplyDelete
  5. Baru tau klo lidah buaya n madu bisa juga. Makasiy sharingnya ya mba

    ReplyDelete
  6. wah, terima kasih ulasannya mb. sy trmasuk barisan yg baru tau jg kl madu bs untuk mngatasi luka bakar .

    ReplyDelete
  7. wah ternyata obatnya ada di sekitar kita semua (eh di sekitar saya)
    Thanks mbak sharingnya.

    ReplyDelete
  8. Mbak.. Ijin nambahin satu ya, tepung. aku belum pernah baca tinjauan secara medisnya tapi beberapa kali kena luka bakar aku atasi dengan menaburkan tepung di area luka bakar baru dan alhamdulillah tdk jadi melepuh. Tapi untuk luka bakar yg tertutup saja, tidak ditaburkan di area luka bakar yg terbuka. Anyway.. Terima kasih infonya, alhamdulillah punya banyak tanan lidah buaya di halaman. Bisa buat jaga-jaga kalau ada kejadian yg tdk diinginkan

    ReplyDelete
  9. Owh bs ya pertolongan pertama luka bakar dengan air dingin. Wah bermnfaat ni artikel, mksh ys mba...

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ^^,
meninggalkan jejak yang baik akan membuat yang ditinggalkan menjadi lebih baik