Pendidikan dan Agama yang Mempengaruhi Kebutuhan Gizi

by - March 21, 2019

kebutuhan gizi

Dewasa ini dalam kehidupan sehari-hari sudah banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya pola hidup sehat. Bukan hanya kegiatan fisik yang banyak, tapi juga sudah dalam hal makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Sejak awal Islam hadir di dunia, Islam telah memberikan gambaran tentang pentingnya kesehatan dan gizi. Beberapa ayat dan surat bahkan secara terperinci memberikan penjelasan dan manfaat mengonsumsi makanan bergizi. Seperti yang terkandung dalam beberapa ayat berikut ini :

- Dalam surat al-Baqarah ayat 168 dijelaskan bahwa mengonsumsi makanan halal dan bergizi adalah perintah Allah kepada seluruh umat manusia. Di ayat selanjutnya dikatakan memilih makanan yang halal sama dengan melindungi diri dari perilaku buruk.
- Dalam surat lain yaitu surat al-An`am ayat 141 dikatakan bahwa mengonsumsi makanan halal dan bergizi mendorong sifat kedermawanan dan tidak israf (berlebih-lebihan)
- Dalam surat Al-Maidah ayat 88 dikatakan bahwa makanan halal dan bergizi berfungsi meningkatkan takwa 
- Dalam surat An-Nahl ayat 14 dikatakan mengonsumsi ikan laut sebagai sumber protein paling melimpah 
- Dalam surat Al-An`am ayat 99 dan An-Nahl ayat 66 mengonsumsi buah-buahan dan susu segar mendorong perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi 
- Dalam surat An-Nahl ayat 114 dikatakan mengonsumsi makanan halal identik dengan bersyukur dan beribadah kepada Allah SWT 

Bila ada makanan dan minuman yang dianjurkan/diperintahkan untuk dikonsumsi, maka ada pula makanan atau minuman yang dilarang/dipantang. Pantangan yang didasari agama, khususnya Islam disebut haram dan individu yang melanggar hukumnya berdosa. Adanya pantangan terhadap makanan atau minuman tertentu dari sisi agama dikarenakan makanan atau minuman tersebut membahayakan jasmani dan rohani bagi yang mengonsumsinya.

Pandangan agama Islam makan terlalu kekenyangan tidak di perbolehkan karena akan merusak kesehatan (memberatkan kerja jantung, sakit perut) dan mengurangi kecerdasan serta akan menjadi malas untuk beribadah. Sedangkan, menurut agama lain makan banyak hingga kekenyangan tidak bermasalah selama perut masih dapat menampung makanan. Bukan hanya makanan, air yang dikonsumsi pun sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Pilihan air minum dengan jenis air alkali pun hadir. Fungsi air alkali penting untuk dapat dikonsumsi sebagai minuman. 

makanan sehat

Pendidikan

Pendidikan dalam hal ini biasanya dikaitkan pengetahuan, akan berpengaruh terhadap pemilihan bahan makanan dan pemenuhan kebutuhan gizi. Salah satu contoh, prinsip yang dimiliki seseorang dengan pendidikan rendah biasanya adalah yang penting mengenyangkan, sehingga porsi bahan makanan sumber karbohidrat lebih banyak dibandingkan dengan kelompok bahan makanan lain. Sebaliknya, kelompok orang dengan pendidikan tinggi memiliki kecenderungan memilih bahan makanan sumber protein dan akan berusaha menyeimbangkan dengan kebutuhan gizi lain seperti yang terdapat dalam link http://www.pristine8.com/.

Lingkungan

Faktor lingkungan cukup besar pengaruhnya terhadap pembentukan perilaku makan. Lingkungan yang dimaksud dapat berupa lingkungan keluarga, sekolah, serta adanya promosi melalui media elektronik maupun cetak. Kebiasaan makan dalam keluarga sangat berpengaruh besar terhadap pola makan seseorang, kesukaan seseorang terhadap makanan terbentuk dari kebisaan makan yang terdapat dalam keluarga.

Lingkungan sekolah, termasuk di dalamnya para guru, teman sebaya dan keberadaan tempat jajan sangat mempengaruhi terbentuknya pola makan, khususnya bagi remaja di sekolah. Remaja yang mendapatkan informasi yang tepat tentang makanan sehat dari para gurunya dan didukung oleh tersedianya kantin atau tempat jajan yang menjual makanan yang sehat akan membentuk pola makan yang baik pada remaja.

Keberadaan iklan promosi makanan ataupun minuman melalui media elektronik maupun cetak sangat besar pengaruhnya dalam membentuk pola makan.Tidak sedikit orang tertarik untuk mengonsumsi atau membeli jenis makanan tertentu setelah melihat promosinya melalui iklan di televisi.

You May Also Like

19 comments

  1. Apakah ada hubungannya foto pada postingan ini dengan promosi makanan yg sehat? Hhehehe

    ReplyDelete
  2. Iya mba berpengaruh banget, kalau enggak ada yang mengendalikan bagaimana cara makan yang baik dan halal, tentu semua orang tidak sehat

    ReplyDelete
  3. wah iya juga ya saya baru sadar dengan tafsir qur'an diatas. Maka dari itu Allah selalu bilang untuk mencari rezeki halal, supaya anak dan istri pun tumbuh serta berkembang dengan baik. Insyaallah. Makasih mba sudah diingatkan.

    ReplyDelete
  4. MasyaAllah ternyata bisa dihubungkan juga yah antara makanan halal dengan ayat Al-Quran dan pendidikan serta sifat kita akan seperti apa. Noted mbak

    ReplyDelete
  5. Mwngingatkan lagi untuk memastikan rejeki untuk keluarga yang kita cari harusnya halal :)

    ReplyDelete
  6. Peran kantin sekolah penting jg membentuk pola makan anak. Di rmh anak diajarkan utk tdk makan mie instan. Tp krn di kantin menyediakan, anak bisa membeli. Jd hancurlah pola makan yg sdh dibentuk di rmh

    ReplyDelete
  7. Konsumsi makanan bergizi dan halal sudah Allah jelaskan dalam Al-Quran ya mba. Hanya saja memang praktiknya perlu usaha keras karena itu makanan siap saju menggoda iman.

    ReplyDelete
  8. Iya bener tafsir yang di Al Quran. Harus rajin masak juga ya hehe

    ReplyDelete
  9. Saya jadi ingat teman yang kalau lagi makan trus ada yang nanya, dia selalu bilang, makan itu perintah yang harus dikerjakan, haha...
    Yes banget saya buat makanan yang halal lagi baik.

    ReplyDelete
  10. MasyaAllah DI AlQuran pun dijelaskan makanan sehat plus ada makannya Emang udah yg paling lengkap ya

    ReplyDelete
  11. Setuju mb, makan terlalu kekenyangan tidak di perbolehkan dalam Islam karena akan merusak kesehatan (memberatkan kerja jantung, sakit perut) dan mengurangi kecerdasan serta akan menjadi malas untuk beribadah. Note ah.

    ReplyDelete
  12. Iya benar, bahkan kata Gizi pun diadopsi dari bahasa arab 😊. Masya Allah... Dua hal yang membuat kita selamat dunia akhirat dgn mengikutinya adalah Quran dan hadis.

    ReplyDelete
  13. Namanya juga promosi produk tugasnya buat mempengaruhi pikiran konsumen baik di medsos dan media elektronik. Tp tergnting dr kita mau terpangaruh atau tidak shingga pola mkn kitapun tetap aman. Y yg pnting tdk melanggar agama sih klu untuk jenus mknan.

    ReplyDelete
  14. Kalau kata Nussa dan Rara, makan jangan asal makan :)
    Tentang makan pun diatur di dalam Islam ya, Mbak. Kalau manut dan hanya menyantap yang halal, thayyib, serta tidak berlebiha, insya Allah tubuh yv menjadi amanah Allah ini akan sehat :)

    ReplyDelete
  15. Masya Allah.. Keren ya. Sampai makanan sehat pun diatur oleh Quran.

    "Makan jangan asal makan." gitu ya mbak

    ReplyDelete
  16. Makan saja ada aturannya menurut agama, berarti memang kita harus benar2 menjaga apa yang masuk di tubuh kita

    ReplyDelete
  17. Sebaik baiknya petunjuk ialah dari Al-Qur'an dan Hadis
    Termasuk petunjuk makan dan bagaimana mendapatkannya
    Trimakasih sharenya mb sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  18. Yang selalu saya panjatkan dalam doa adalah agar anak saya jd anak yg sholeh mengingat perang pemikiran semakin horror makin ke sini
    Semoga anak2 kit selalu terjaga y mb

    ReplyDelete
  19. tetap sehat dan jaga gizi ya :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ^^,
meninggalkan jejak yang baik akan membuat yang ditinggalkan menjadi lebih baik