Lindungi Data Penting Perusahaan Anda dengan Memilih Cyber Protection yang Tepat

by - February 01, 2019

Di era digital sekarang ini, penggunaan teknologi internet menjadi hal yang tidak dapat dihindari. Karena, teknologi tersebut memiliki peranan yang sangat besar dalam membantu setiap industri agar dapat menjadi lebih modern.

Modernisasi yang hadir bertujuan agar bisnis dapat berlangsung secara lebih efektif dan efisien sehingga dapat memberikan keuntungan yang lebih besar. Sehingga, wajar rasanya jika setiap perusahaan kini telah memanfaatkan teknologi internet untuk mendukung kegiatan operasionalnya.


Meskipun teknologi internet memberikan manfaat besar, namun bukan berarti tidak ada risiko sama sekali dalam penggunaannya. Karena, penggunaan teknologi tersebut juga berpotensi besar mengalami risiko kebocoran data penting perusahaan. Saat ini hampir setiap bisnis perusahaan bergantung pada data penting mereka.

Perlindungan data dan keamanan cyber dapat menjadi tantangan bagi perusahaan, baik besar maupun kecil. Melakukan manajemen risiko cyber lebih dari hanya sekedar menjaga keamanan sistem informasi dan teknologi, namun juga menyangkut manajemen risiko terhadap karyawan. Setiap karyawan yang bekerja dan berhubungan dengan internet memiliki risiko yang sama besarnya.
Misalnya, ada karyawan yang membuka email palsu dari hacker secara tidak sengaja. Tindakan ini berpotensi membuka jalan bagi virus untuk masuk ke sistem keamanan perusahaan.

Hacker bukanlah satu-satunya ancaman - bisnis saat ini mengandalkan teknologi internet untuk berbagai layanan seperti pemasaran online, fungsi administrasi, manajemen inventaris, pemrosesan transaksi finansial secara online, dan kontrol distribusi.

Setiap intrusi yang mengganggu layanan tersebut dapat menyebabkan kerusakan merek dan reputasi perusahaan, pengawasan ketat regulasi, kekecewaan konsumen dan mitra bisnis, serta kerugian finansial.

Bocornya data penting perusahaan jelas merupakan kerugian besar. Jika terjadi serangan cyber, selain timbul biaya pemulihan atas sistem teknologi dan informasi, dan biaya crisis management untuk pemulihan reputasi perusahaan, juga dapat muncul kemungkinan biaya tuntutan hukum yang mahal, serta kebutuhan ahli investigasi teknologi informasi yang jumlahnya masih sedikit di Indonesia.


Tindakan perlindungan yang efektif terhadap risiko cyber adalah memiliki polis Asuransi Cyber - dari yang memberikan manfaat perlindungan atas Network Business Interruption, Crisis Management, Cyber Extortion (Pemerasan Siber), Data Asset Restoration (Pemulihan Aset Data) hingga Third Party Liability dan Defense Costs.

Anda bisa memilih jenis Asuransi Cyber yang tepat melalui jasa konsultan manajemen risiko dan broker asuransi, misalnya melalui Marsh Indonesia. Tim di Marsh memiliki pengalaman dalam menilai dan melakukan analisa atas risiko, memberikan metode pencegahan dan penanggulangan serta simulasi skenario terburuk.

Identifikasi dan Menilai Risiko

Salah satu upaya yang diberikan broker asuransi Marsh dalam melindungi ancaman cyber yakni dengan cara mengidentifikasi potensi risiko, dan menilai risiko yang mungkin hadir. Marsh hadir untuk menilai seberapa besar risiko cyber yang dapat menyerang data penting perusahaan Anda. Besaran risiko yang mungkin hadir akan menjadi penilaian untuk menentukan strategi keamanan Cyber Risk yang tepat untuk perusahaan Anda. Sehingga, strategi yang digunakan dapat efektif mengatasi risiko cyber yang berpotensi menyerang perusahaan Anda.

Analisis dan Mengatur Risiko

Risiko yang telah dinilai akan dianalisis atas potensi kerugian yang terkait, dan kemudian diatur untuk menjalankan langkah pencegahan terhadap risiko cyber yang berpotensi hadir. Selain itu, pengaturan risiko juga dapat membantu penentuan strategi untuk mengatasi risiko cyber dengan membeli asuransi yang tepat. Dengan demikian, perusahaan dapat terlindungi dari risiko cyber secara finansial ketika data penting perusahaan diserang.

Merespon Risiko

Potensi besar cyber risk perlu disikapi dengan tepat oleh perusahaan Anda. Broker asuransi Marsh hadir untuk membantu merespon ketika risiko cyber hadir dan menyerang data penting perusahaan Anda. Dengan membantu proses klaim asuransi, perusahaan Anda akan terlindungi secara finansial ketika diserang secara cyber. Sehingga, perusahaan dapat lebih tenang dalam menjalankan bisnisnya karena risiko cyber telah terlindungi oleh jenis perlindungan yang tepat.


Tiga hal diatas menjadi langkah yang dilakukan Marsh Indonesia dalam memberikan perlindungan terhadap risiko cyber. Saat ini, risiko cyber merupakan salah satu risiko yang sering dianggap sebelah mata dan perlu mendapatkan perhatian ekstra karena dapat mengancam nama baik perusahaan Anda.

Jadi, bijaklah dalam menyikapi risiko cyber dengan melakukan tindakan yang tepat dan efektif.

You May Also Like

8 comments

  1. wah asuransi punya peluang lagi ya hehe...

    ReplyDelete
  2. Lebih baik tindakan preventif disiapkan ya?

    ReplyDelete
  3. Mencegah itu lebih baik ya, terima kasih atas sharing ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena mengobati biasanya lebih susah ya kak, ^^

      Delete
  4. Wah, ada ya ternyata asuransi di bidang siber ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang, keren ya sekarang. Jadi kalo khawatir terhadap keamanan data bisa dilindungi dengan asuransi siber ini.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ^^,
meninggalkan jejak yang baik akan membuat yang ditinggalkan menjadi lebih baik