Fatmawati : Inspirasi dari Bengkulu Untuk Indonesia

by - February 14, 2019

Bangga dengan tanah kelahiran itu suatu keharusan bagi saya. Karena ternyata dari tanah kelahiran saya ini pernah lahir orang-orang besar yang berjasa bagi bangsa kita tercinta, Negara Kesatuan Republik Indonesia. Salah satunya Fatmawati. Menjadi warga provinsi Bengkulu sejak lahir, menjadikan nama Fatmawati sangat akrab di telinga. Selain terkenal sebagai ibu negara yang dikenang jasanya karena menjadi penjahit sang saka merah putih, istri dari presiden pertama Indonesia ini juga dikenal sebagai wanita yang berasal dari Bengkulu.
fatmawati
gambar dari sini 
Sembilan puluh enam tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 5 Februari 1923, wanita asli pribumi ini lahir di Bengkulu dengan nama asli Fatimah. Fatmawati adalah anak dari pasangan Hassan Din dan Siti Chadijah. Kedua orangtuanya adalah keturunan  keluarga raja dari kesultanan Indrapura, Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Ayah Fatmawati juga terkenal sebagai salah satu tokoh Muhammadiyah di Bengkulu dan juga merupakan sahabat dari Soekarno.

Fatmawati dididik dan dibesarkan kedua orangtuanya di Bengkulu. Sebagai anak dari tokoh Muhammadiyah, Fatmawati juga berperan aktif dalam organisasi Aisyiyah, organisasi kewanitaan dibawah naungan Muhammadiyah.

Baca juga : Ibu Fatmawati Sang Penjahit Bendera Pusaka

Ketika masa pengasingan, Fatmawati dititipkan di rumah Soekarno karena melanjutkan sekolah. Dari sinilah kisah mereka dimulai. Tapi, percintaan antara Soekarno dengan Fatmawati tidaklah mulus. Selain mendapat tentangan dari Inggit (istri Soekarno saat itu), situasi politik telah memisahkan keduanya. Soekarno dipindahkan ke Padang dan kemudian kembali ke Jakarta. Namun cinta Soekarno kepada Fatmawati tidaklah hilang karena jarak. Soekarno akhirnya menikahi Fatmawati secara pernikahan jarak jauh pada tahun 1943. Maka Fatmawati pun diboyong ke Jakarta.


Fatmawati merupakan wanita ketiga yang dinikahi Soekarno setelah Oetari Tjokroaminoto dan Inggit Ganarsih. Dari pernikahan ini mereka dikaruniai lima orang anak, yaitu Guntur Soekarnoputra, Megawati Soekarnoputri, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri, dan Guruh Soekarnoputra.
Bung Karno dan keluarga
Soekarno, Fatmawati dan kelima putra-putrinya
Gambar dari sini
Fatmawati adalah the real first lady of Indonesia. Beliaulah yang mendampingi Soekarno saat menjelang proklamasi. Fatmawatilah yang menjahit bendera pusaka yang dikibarkan di Pegangsaan pada tanggal 17 Agustus 1945 padahal saat itu beliau sedang dalam masa menunggu kelahiran anak pertama mereka. Fatmawati juga yang mengurus makanan para tamu negara. 

Saat menjadi ibu negara, kiprah Fatmawati sangatlah besar. Beliau selalu mendampingi orang nomor satu di indonesia itu dalam berbagai agenda kenegaraan. Beliau adalah sosok wanita tangguh, yang selalu memberi dukungan kepada suami membangun bangsa.

Pernah suatu ketika dalam sebuah acara, setelah presiden Soekarno menyampaikan sambutannya, Fatmawati diminta untuk maju dan menyampaikan sambutan pula, dan pada sambutannya itu Fatmawati dinilai sangat apik dalam mengobarkan semangat pada hadirin.

Saya tidak bisa membayangkan betapa tangguh beliau saat harus mengurus keluarga, mengurus organisasi yang beliau jalankan bersama demi kemajuan wanita indonesia, berbagai acara kenegaraan dan lain sebagainya. Sedangkan pada saat itu sang suami juga sangat sibuk mengurus berbagai konflik negara yang baru merdeka.

Fatmawati meninggal pada tanggal 14 Mei 1980 pada usia 57 tahun di Kuala Lumpur, Malaysia. Lalu beliau dimakamkan di Karet Bivak, Jakarta. Ternyata, beliau wafat pun saya belum lahir ya, hehe. 

Saya percaya, bahwa selalu akan ada sosok perempuan hebat dibalik suksesnya laki-laki, entah itu ibunya, atau istrinya, atau bisa jadi kedua-duanya. Dan saya sangat berharap bisa menjadi keduanya nanti. Menjadi istri yang hebat untuk suami, dan menjadi ibu yang hebat untuk anak-anak.

Semoga jejak sejarah yang beliau tinggalkan menjadi inspirasi bagi wanita-wanita Indonesia, terkhusus perempuan Bengkulu.
Ayo Fatmawati muda,  tuliskan sejarahmu!

blogger bengkulu

Tulisan ini diikutsertakan dalam #nulisserempak bersama Blogger Bengkulu untuk mengenang 96 tahun ibu Fatmawati.






You May Also Like

44 comments

  1. Keren keren keren mba... Terima kasih buat pengetahuan baru tentang sosok ibu negara Fatmawati-nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mba, ini juga sekalian buat mengembalikan memori tentang sejarah, hehe

      Delete
  2. Bangga sekali jadi Perempuan Bengkulu semngat fatmawati semoga mengalir di jiwa perempuan-perempuan Bengkulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat yang mengalir dari wanita hebat, bangga jadi bagian dari tanah kelahirannya ^^

      Delete
  3. Kuy bener banget ka semua ini akan menjadi nilai sejarah bagi bengkulu dan mnjdi insprasi bagi wanita2 terkhusus di bengkulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang giliran kita untuk meneruskan sejarah baik untuk Bengkulu ^^

      Delete
  4. Wah, sy baru tahu lho ba... Good info Semangat fatmawati semoga menular untuk kita semua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya? Memangbanyak yang belum tau sejarah ini, bahkan gak tau Bengkulu itu dimana, hihi ^^

      Delete
  5. Semangat menginspirasi dengan menulis ya mbak biar menjadi Fatmawati berikutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin.. semoga kita menjadi Fatmawati masa kini ya, hihi ^^

      Delete
  6. Saya baru tahu kalau Ibu Fatmawati berasal dari Bengkulu. Semoga semangat Ibu Fatmawati bisa menular kepada kita semua, perempuan-perempuan Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bund, banyak yang belum tahu, maka tugas kami generasi Bengkulu untuk memperkenalkannya, sekalian memperkenalkan Bengkulu ^^

      Delete
  7. Sosok inspiratif ya mba. Memang membaca kisah orang hebat itu selalu meninggalkan bersitan semangat dalam dada selepas membacanya, walaupun baru sekedar semangat, belum sampai taraf aplikasi. Eh, itu mah saya doang ding. 😅🙈

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. sama mba, semangat doang boleh lah, dari pada gak ada sama sekali, hihi ^^

      Delete
  8. Saya jadi pengen baca wanita-wanita Soekarno. Ada bukunya ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada beberapa judul buku yang membahas kisah Soekarno dengan istri2nya, tapi saya belum punya. Kayaknya abis ini saya juga mau cari deh, hihi ^^

      Delete
  9. Mbak, aku pernah berkunjung ke museum bu Fatmawati pas ada tugas ke Bengkulu. Setelah baca tulisan mbak, aku jadi pengen baca-baca buku tentang biografi para tokoh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa..alhamdulillah mba, kami yang di Bengkulu lebih sering lewat aja ketimbang main ke sana, padahal deket, haha :D

      Delete
  10. Biasanya kenal nama Fatmawati sebagai penjahit bendera pusaka. Udah itu aja. Ternyata banyak hal yg belum saya ketahui tentang beliau. Terimakasih mbk, atas tulisannya yg informatif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah mba, karena jujurly saya juga sedang mengembangkan pengetahuan saya sendiri, hihi ^^

      Delete
  11. Saya baru tau kalo ibu Fatmawati itu dari Bengkulu

    Wanita yang sangat inspiratif, semoga kita semua bisa meneladani kehebatan beliau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah mba rini yang kesekian jadi tahu ya ^^

      Delete
  12. Baru tau kalo nama aslinya itu fatimah yah. Aduh sejarah aku ni payah sekali. Yuk ah para fatmawati muda kita bikin sejarah yang bermanfaat untuk generasi selanjutnya

    ReplyDelete
  13. Wah...ternyata bu Fatmawati wanita hebat ya. Baca ini baru tahu sejarah beliau..makasih mb, bermanfaat nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya mba, ini juga sekalian saya belajar sejarah juga ^^

      Delete
  14. Suka dengan figur Bu Fatmawati ini.
    Sosok yang kalem, cantik, rendah hati dan selalu bisa membawa diri di setiap acara kenegaraan baik nasional maupun internasional sebagai pendamping Pak Soekarno yang namanya sudah memdunia waktu itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, saya juga kagum sekali. Ada ya wanita hebat seperti itu. Sungguh masih jauh rasanya dengan level saya, hehe.

      Delete
  15. Kereen banget ya Ibu Fatmawati ini. Moga kita bisa meniru kebaikan Beliau juga. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya mba, belajar dari apa yang beliau lakukan untuk bangsa, tapi dengan cara kita dan jaman kita, ^^

      Delete
  16. Waduh saya rada buta dengan sejarah ni mbak. Baru tahu klu Ibu Fatmawati ini berasan dari Bengkulu dan baru tahu juga kalau beliau merupakan istri ketiga dari Soekarno. Tadinya saya kira istri beliau cuma ibu Fatmawati saja. Ups.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya baru baca sedikit-sedikit tentang kisah cinta Soekarno dengan para wanitanya. Saya jadi pengen baca lebih banyak. ^^

      Delete
  17. Salah satu perempuan hebat yang lahir di bumi Indonesia...cerita2 seperti ini harus sering dikisahkan ke anak2 agar mereka paham dengan orang2 hebat di negeri sendiri dan semakin cinta dengan negaranya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, dengan banyak bercerita tentang orang-orang hebat, pasti akan menambah wawasan dan bisa memberi gambaran mau menjadi apa anak generasi kita nanti. ^^

      Delete
  18. Perempuan yang inspiratif ya. Semoga semua jasa bunda Fatmawati menjadi amal jariah baginya. Aamiin

    ReplyDelete
  19. O bu Fatmawati ibunegara presiden juga. Ceritanya menarik ya. Mksh sblmnyasdh diinfokn ttg ibi Fatmawaty yg pnuh kisah juang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba sama-sama, semoga kita bisa mengambil pembelajarannya ya. ^^

      Delete
  20. Saya pernah ke Bengkulu Mbak, dan menjenguk ke rumah pengasingan bung Karno, lihat berbagai peninggalan bung karno. Seu dan sangat berfaedah, melihat foto bu Fatmawati, seorang istri yang sangat mjd motivator suaminya sehingga suaminya sukses...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya bund, semoga kita bisa mengambil hikmah dan pembelajaran dari apa yang mereka torehkan dalam sejarah Indonesia ^^

      Delete
  21. Selalu kagum dengan Ibu Fatmawati, banyak membaca sejarah tentang beliau ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya mba, ternyata kita memang mempunyai sosok ibu negara yang mengagumkan ^^

      Delete
  22. Sbg salah satu kader Muhammadiyah, aku bangga sekali dengan latar ibu Fatmawati yang merupakan keturunan tokoh Muhammadiyah Bengkulu. Bapak Hasan Din.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, jejak sejarah beliau terekam sampai sekarang ya ^^

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ^^,
meninggalkan jejak yang baik akan membuat yang ditinggalkan menjadi lebih baik