8 Ide Kreatif Untuk Sedekah

by - January 17, 2019

Yang namanya sedekah pasti sudah sangat sering kita dengar kan? Tapi gimana dengan pelaksanaannya? Apakah sedekah masuk dalam resolusi kita di tahun 2019 ini? Harus dipahami bahwa sedekah tidak melulu soal uang. Ada banyak cara kreatif untuk bersedekah yang tentu tidak memerlukan biaya yang besar atau bahkan tidak memerlukan biaya sama sekali. Pilih sedekah yang mudah dan ringan untuk kita lakukan. Sekarang coba kita simak beberapa ide kreatif untuk sedekah berikut ini.

1. Mengurus Masjid
Gak mesti harus menjadi pengurus masjid yang resmi untuk bisa mengurus rumah Allah. Kita sebagai pengguna masjid bisa melakukan beberapa hal sederhana yang insyaallah akan bermanfaat dunia akhirat. Seperti :
- Laundry/ cuci mukenah di masjid atau musholla terdekat secara berkala
- Beli kamper/ pengharum lemari, taruh di tempat mukenah di masjid atau musholla yang kita singgahi
- Beli perlengkapan untuk membersihkan toilet, juga pengharum ruangan, dan berikan secara berkala ke masjid-masjid
- Bagi yang shalat Jum'at, datanglah 15 menit lebih awal. Bantu beres-beres dan bersih-bersih masjid.
- Beli beberapa pasang sandal jepit. Taruh di masjid atau musholla untuk digunakan berwudhu.
gambar dari sini 

2. Botol Plastik 
Kalau beli minuman kemasan, kalau belum habis tetap dibawa pulang. Airnya bisa disiramkan ke tanaman, dan kemasannya bisa kita kumpulkan. Kalau sudah banyak bisa kita berikan ke pemulung. Sekalian ditambah juga dengan botol shampoo, sabun cair, dan botol plastik lain yang ada dirumah.

3. Beli Makanan
- Siapkan nasi bungkus. Berikan kepada orang-orang yang kira-kira membutuhkan seperti pedagang kecil, pengemis, pengamen, anak terlantar, orang gila dijalanan, petugas kebersihan, dan lain-lain. Tidak perlu banyak, misal 1 bungkus setiap hari.
- Ketika makan di kaki lima ada pengemis atau anak terlantar, belikan mereka seporsi seperti yang kita makan.
- Belikan makanan untuk buka puasa kepada teman sekantor yang sedang berpuasa sunnah. 

Hasil gambar untuk diskon
4. Beli Barang Diskon Lebih Banyak
Bila sedang belanja bulanan ada barang yang sedang diskon, misal deterjen, minyak goreng, sabun, buku tulis, pulpen, biskuit, dan lain-lain, belilah agak banyak lalu kemas dengan rapi, bagikan kepada saudara terdekat yang hidupnya pas-pasan. Kalau keuangan kita sedang lancar, sekali-sekali bisa ajak mereka belanja bersama.

5. Manfatkan Kendaraan
- Tawarkan teman yang searah untuk pulang bersama.
- Bantu membawa barang pindahan tetangga.
- Bila sedang naik kendaraan umum, bayari nenek atau orang tua yang terlihat dari kalangan kurang mampu. 

6. Sedekah Pada Hewan
- Beli beberapa ekor burung yang murah saja, lalu lepaskan ke alam bebas.
- Beli makanan kucing siap saji, simpan dalam toples, bawa saat bepergian. Bila menemukan kucing liar diperjalanan, berikan.
Hasil gambar untuk memberi makan hewan

7. Sortir Barang
Biasakan memberlakukan Buy 1 Give 1 di rumah. Misal bila beli baju baru, keluarkan baju lama sejumlah baju baru yang dibeli. Selain berpahala, hal ini membuat kita tidak terbiasa menumpuk barang yang akhirnya akan membuat kita berlaku mubadzir. Ini juga berlaku saat akan membelikan mainan untuk anak. Ketika membelikan mainan baru, sepakati bersama anak kalau harus ada mainan lamanya yang disedekahkan kepada temannya atau panti asuhan.

8. Wakaf Buku
Banyak dari kita belum sanggup bila harus mengajar ilmu agama karena merasa masih sedikitnya ilmu, atau karena terbatasnya jarak dan waktu. Tapi kita bisa mengajarkan ilmu yang bermanfaat ini melalui wakaf buku yang diadakan oleh Buku Untuk Negeri ini. Mereka membuka donasi bagi siapapun  baik perorangan, kelompok, ataupun lembaga agar lebih banyak generasi Indonesia merasakan indahnya ilmu yang sudah Allah sampaikan melalui para Nabi dan Rasulnya. Dan insyaallah bagi siapapun yang terlibat dalam gerakan wakaf buku ini akan mendapat pahala sedekah jariyah yang terus mengalir.


Mudah bukan? Bisa dibayangkan kalau saja setiap hari amal-amal ini bisa kita jalankan, berapa banyak masalah sosial yang bisa diatasi. Dan insyaallah pahala akan diraih dan menjadi tabungan bagi kita di hadapan Allah nanti.

Mari kita mulai dari yang terlihat sepele, mulai dari diri sendiri, mulai dari sekarang. 
Semoga menginspirasi. Yuk sedekah! ^^


You May Also Like

30 comments

  1. Masya Allah, inspiratif banget mbak. Saya suka takjub deh sama aktivis yang suka merawat hewan yg telantar seperti kucing. Kemarin di Jakarta sempat ada razia kucing dan anjing liar. Komunitas pencinta hewan pada aktif banget bergerak dan melindungi jangan sampai hewan-hewan itu teraniaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah udah mulai banyak ya mba yang melakukan aksi sosial nyata seperti itu, saya juga sangat mengapresiasi mereka

      Delete
  2. Sedekah yang tidak terasa berat ya, Mbak. Sangat bermanfaat bagi saya yang masih awam ini ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyaallah untuk menjadi pengingat bagi diri sendiri agar lebih bermanfaat ya mba ^^

      Delete
  3. Masya Allah, ternyata bersedekah bisa dilakukan dengan banyak cara dan tak melulu dengan uang. Terima kasih sudah menginspirasi dan semoga bisa semakin sering dan banyak bersedekah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, semakin ringan bersedekah, semakin sering dan menjadi kebiasaan, semoga nanti bisa juga jadi sarana untuk selalu saling mengingatkan dan mengajak yang lain juga ^^

      Delete
  4. Keren mbak, sedekah bisa dilakukan dengan apapun ya sesuai dengan kemampuan kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. tul banget, jadi jangan sungkan dan ragu untuk melakukan kebaikan ^^

      Delete
  5. Masyaallah pemikiran tak terduga. Saya jadi inget kata ibu saya kalo abis ngepel airnya buat siramin tanaman soalnya sambil sedekah gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget mba, ibu saya juga sering kalo abis cuci2, airnya disiramin ke taneman hihi ^^

      Delete
  6. Idenya bagus, Mbak. Ternyata banyak jalan untuk bersedekah. Terima kasih sudah berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mba, semoga berbagi ide ini bisa menjadi sedekah juga ya, hihi ^^

      Delete
  7. Dan senyum pun sedekah... ternyata beneran mudah ya Allah...
    Terima kasih sudah berbagi, Mbak, menjadi pengingat buat saya untuk tetap bersedekah dalam kondisi apa pun.

    ReplyDelete
  8. Masyaallah, kusenang banget bacanya, yang sedekah buku. duh kita sebagai penulis berasa tertampar yes. bisa kali sedekah sama buku yang ditulis sendiri hihi. makasih sharingnya bun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa banget mba steffi, ajak teman2 penulis lainnya untuk sedekahin buku karyanya, insyaallah tak akan lekang oleh waktu

      Delete
  9. masyaa Allah.. memang ya. ada banyak sekalk cara untuk sedekah. tinggal mana sih yang sesuai dengan kemampuan kita. inspiratif sekali mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, Allah memang tidak akan menyusahkan hambaNya, lakukan semampunya, insyaallah akan berbuah pahala ^^

      Delete
  10. setujuuuu mb, sedekah bisa kita lakukan dengan beragam cara. semuanya indah ketika juga kita awali dengan niat yang indah dan ikhlas. great posting mb!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyuppss, awali dengan yang ikhlas demi Allah semata, insyaallah pahala bisa diraih sebagai bekal nanti menghadapNya ^^

      Delete
  11. Wah, ide sedekahnya keren-keren. Sebenernya mudah dan dekat dengan keseharian ya. Beberapa udah pernah nyoba, beberapa yg lain ga kepikiran saya. Makasih udah ngingetin, ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 mba tatirk, ini juga sebagai pengingat bagi saya, jadi kalo belanja jangan cuma mikirin kebutuhan sendiri aja, selalu siapkan untuk bahan sedekah juga, ^^

      Delete
  12. Apa aja bisa jadi ide buat sedekah y mb
    Kreeatiff

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyesss mba, asal diniatkan dari awal semuanya untuk Allah, insyaallah jadi sedekah. ^^

      Delete
  13. Beneran kreatif ide sedekahnya mbak. Semoga berkah

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, semoga kita bisa jadi ahli sedekah ya mba, walopun dengan yang sederhana. ^^

      Delete
  14. Sedekah tanpa disadari ternyata bnyk banget ya disekitar kita dan gk memberatkn.masya Allah mantap mb... Noted deh... Thx ya ulasannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kadang kita terlalu fokus sama sedekah yang besar2 saja, sampai lupa bahwa banyak sekali jalan sedekah yang ringan di sekitar kita. Semoga kita bisa bersedekah sebanyak2nya meski dengan kemampuan seadanya ya mba, ^^

      Delete
  15. Masya Allah mbak.inspiratif sekali, dengan artikel ini kita bisa membuktikan bahwa sedekah itu gak harus nunggu rezeki banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba, dan ini menjadi pengingat bagi saya pribadi, jangan takut miskin kalo untuk urusan sedekah ^^

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ^^,
meninggalkan jejak yang baik akan membuat yang ditinggalkan menjadi lebih baik