Baca Al Qur'an Ada Efeknya??

by - November 09, 2018

manfaat baca alquran, kesehatan


Pernah mendengar efek Mozart?  Istilah Mozart effect (efek Mozart) diciptakan pada 1995 oleh para ilmuwan di Universitas California yang menemukan bahwa ternyata siswa mendapat nilai yang lebih baik pada tes IQ spasial setelah mendengarkan musik Mozart. Efek Mozart awalnya bermula dari buku yang berjudul The Mozart Effect karya John Campbell. Dalam buku ini Campbell berpendapat bahwa musik klasik seperti karya Mozart ternyata memberikan ketenangan bagi anak-anak yang menderita kelainan tertentu seperti hiperaktif; meningkatkan kinerja otak kiri dan kanan, dan meningkatkan IQ. Tapi tahukah anda bahwa ada yang lebih hebat efeknya dari efek Mozart ini? 
Ternyata Al Qur'an memberikan efek yang jauh lebih hebat dari musik.

Memberi Ketenangan

Berdasarkan hasil penelitian yang dipaparkan dalam konferensi kedokteran Islam Amerika Utara pada tahun 1984, ditemukan fakta bahwa membaca Al Qur'an dapat mendatangkan ketenangan jiwa hingga 97%.
Penelitian ini tidak dilakukan serampangan. Penelitian ini menggunakan peralatan canggih. Ternyata, respon emosi dari para audiens yang mendengarkan Al Qur'an menunjukkan gejala keadaan yang membaik. Yang awalnya depresi, sedih, kemudian berubah menjadi tenang.

Dr. Nurhayati dari Malaysia pada tahun 1997 melakukan penelitian terhadap bayi yang berusia 48 jam. Bayi-bayi tersebut diperdengarkan ayat-ayat Al Qur'an. Ternyata, mereka memberi respon tersenyum dan menjadi lebih tenang.

Mencerdaskan Otak

Penelitian lain di Mesir menyatakan bahwa orang-orang yang membaca Al Qur'an potensi otaknya mengalami peningkatan secara drastis, hal ini dikarenakan ketika orang membaca Al Qur'an dilepaskannya hormon endorfin atau yang dikenal sebagai hormon bahagia.

Bukan hanya itu, anak-anak yang sudah menghafal Al Qur'an sejak kecil secara akademis akan menjadi anak yang cerdas walaupun tidak mengikuti pelajaran di sekolah formal. Ini saya ketahui waktu ada seorang sahabat bercerita tentang keponakan beliau yang sudah menghafal Al Qur'an bersama orang tuanya sejak kecil. Awalnya mereka home-schooling, tetapi dengan alasan tertentu akhirnya orang tuanya memasukkan mereka ke sekolah umum. Walaupun mereka 'anak baru' di sekolah tersebut, dalam waktu singkat ternyata mereka mampu mengalahkan anak-anak yang sudah jadi langganan juara umum.

Menjadi Obat

ﻭَﻧُﻨَﺰّﻝُ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥِ ﻣَﺎ ﻫُﻮَ ﺷِﻔَﺂﺀٌ ﻭَﺭَﺣْﻤَﺔٌ ﻟّﻠْﻤُﺆْﻣِﻨِﻴﻦَ ﻭَﻻَ ﻳَﺰِﻳﺪُ ﺍﻟﻈّﺎﻟِﻤِﻴﻦَ ﺇَﻻّ ﺧَﺴَﺎﺭﺍً
Dan Kami turunkan dari Al-Qur`an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian” (QS. Al-Israa’: 82).

Selain menjadi obat penyembuh bagi penyakit hati dan jiwa, Al Quran juga menjadi obat penyembuh penyakit fisik. Asy-Syinqithi dalam kitabnya, Tafsir Adhwa' al-Bayan mengatakan, Al Quran adalah obat penyembuh yang mencakup obat bagi penyakit hati dan jiwa, seperti keraguan, kemu nafikan, dan perkara lainnya. Bisa juga menjadi obat bagi jasmani jika dilakukan ruqyah kepada orang yang sakit. Rasulullah kerap kali berpesan, "Bagi kalian ada obat penyembuh, yakni madu dan Alquran." (HR Ibnu Majah dan al-Hakim)


Memberi Kemuliaan 

Al Qur'an adalah kalimat Allah yang mulia. Bagi siapapun yang beriteraksi dengannya, akan mendapatkan kemuliaannya juga. Ketika membacanya akan mendapat pahala. Ketika menghafalnya akan mendapatkan banyak keberkahan dunia dan akhirat.

Saya pernah mendapat cerita, ada satu keluarga yang membongkar makam seorang perempuan yang semasa hidupnya adalah penghafal Al Qur'an. Perempuan ini sudah dimakamkan beberapa tahun silam, tapi kondisi jasadnya masih utuh. Kain kafannya, wajahnya, semuanya masih seperti sedia kala. Allah memberinya kenikmatan berupa kemuliaan dunia dan akhiratnya.

Rasulullah SAW memberikan penghormatan kepada orang-orang yang mempunyai keahlian membaca dan menghafal Al Qur’an, memberi kabar tentang kedudukan mereka, dan keistimewaannya dari yang lain.
Dari Abi Hurarirah ra ia berkata: Rasulullah SAW mengutus satu utusan yang terdiri dari beberapa orang. Kemudian Rasulullah SAW mengecek kemampuan membaca dan hafalan Al Quran mereka: setiap laki-laki dari mereka ditanyakan sejauh mana hafalan Al Quran-nya.
Kemudian seseorang yang paling muda ditanya oleh Rasulullah SAW.: “Berapa banyak Al Quran yang telah engkau hafal, hai Fulan?” ia menjawab: aku telah hafal surah ini dan surah ini, serta surah Al Baqarah. Rasulullah SAW. kembali bertanya: “Apakah engkau hafal surah Al Baqarah?” Ia menjawab: Betul ya Rosulullah. Rasulullah SAW. bersabda: “Pergilah, dan engkau menjadi ketua rombongan itu!”.
Sungguh Allah akan memuliakan Al Qur'an, memuliakan orang-orang yang mencintai, mempelajari, mengamalkan dan mengajarkannya.
Bacalah Al Qur'an, Allah jadikan Al Qur'an  sebagai penawar dari segala kegalauan, kegundahan, kesedihan, dan semua kesempitan hidup.
Bacalah Al Qur'an sambil membayangkan kebesaran Allah. Dengan begitu, akan luluhlah hati yang keras, tenanglah jiwa yang gusar, bertambahlah keimanan.
Semoga kita menjadi keluarga Allah bersama Al Qur'an.

You May Also Like

30 comments

  1. MasyaAllah ternyata banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari membaca Al'quran ya Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, al Quran yang merupakan mukjizat dari Allah pasti akan banyak manfaat dan hikmah didalamnya. ^^

      Delete
  2. iyaaaa saya juga merasakan sendiri mbaa, gimana anak anak bisa tumbuh kembang seperti sekarang, dengan stimulasi Al Quran sejak dari kandungan, sedikit musik klasik juga saya berikan. Ibaratnya mengenal akhirat dan dunia sedini mungkin membuat anak anak jadi generasi yang Insya Allah kuat agamanya tapi juga bijak secara sosialisasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin, semoga anak-anak bisa menjadi penerus yang berbakti dan baermanfaat bagi ummat ya mba ^^

      Delete
  3. Semoga suatu saat bisa hapal al-qur'an juga ya. Besok-besok share metode hapal qur'an dong. 😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, dimulai dari menghafal yang paling mudah dulu mba, sedikit-sedikit ditambahin insyaallah lama-lama jadi banyak hafalannya. Metode menghafal ya? Boleh juga tu ^^

      Delete
  4. Aamiin...semoga kita semua berkemampuan maksimal menghafal Alquran dan menjadikan anak2 kita generasi Qur'ani

    ReplyDelete
  5. Aamiin. Membaca alquran manjadi syafaat ketika di dunia dan hari akhir kelak. Semoga bisa menanamkan cinta alquran pada seluruh keluarga.

    ReplyDelete
  6. Subhanallah, hari ini banyak mendapatkan penyejuk hati. Allah memang sudah menjamin para hafiz dan hafizah

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga kita termasuk dalam orang-orang yang dijamin itu mba, ^^

      Delete
  7. Aamiin..
    Iyap mba..yang saya rasakan setelah membaca AlQuran ..merasakan ketenangan jiwa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi kalo lagi galau-galau gitu ya mba, bisa sampe nangis ^^

      Delete
  8. Bikin lebih cerdas dan menenangkan hati. Betul banget mbak...
    Malu saya,masih sering bolong tadarus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saling mengingatkan mba, saya juga masih sering kambuh males tadarusnya, hihi ^^

      Delete
  9. Saya pernah lihat di youtube ttg bule2 yg nangia setelah denger ar rahman
    Ya Allah
    Memang yg palig menenangkan y ini

    ReplyDelete
  10. Tidak diragukan lagi manfaat Alquran untuk ketentraman hidup di dunia dan keselamatan di akhirat nanti. Allahummarhamnaa bil quran

    ReplyDelete
  11. Masya Allah.. Meski saya belum hafal quran, tapi alquran adalah petunjuk terbaik buat saya. Setiap kali bingung mengambil keputusan dalam hidup pasti saya tanya ke alquran berdasarkan petunjuk Allah. Alhamdulillah selalu ada jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masyaallah ya mba, Allah memang Maha Tahu apa yang dibutuhkan hambaNya ^^

      Delete
  12. MaasyaaAllah... Saya senang baca tulisan rukhiyah seperti ini. Ada energi postif yg terpasok dalam hati. Makasih ya mbak. Bte mozart saya pernah baca bukunya dulu di perpustakaan SMP, dan saya smpat mendownload musiknya saking penasarannya stelah baca buku itu, tapi dengan berjalannya waktu alhAlhamdulil hidayah slu menjadi misteri buat hambaNya.. saya menemukan ketenangan hakiki adalah ketika membaca dan menghafal Al-Qur'an mbak... Ada sesuatu yg tak bisa digambarkan dgn kata2.. , teman2 saya di pondok malah kalau tidur ngigaunya ayat-ayat Alquran saking sdh terbawa otak bawah sadar mbak. MaasyaaAllah... tabarakallah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masyaallah mba, ngigaunya aja baca ayat apalagi pas sadarnya ya, semoga Allah memberkahi semua ilmu mba dan teman2 di pondok ^^

      Delete
  13. Masya Allah, manfaat Al Quran memang sangat luar biasa karenanya Al Quran adalah mukjizat terbesar Rasulullah. Semoga kita dan anak keturunan kita menjadi para ahlul Quran

    ReplyDelete
  14. Masya Allah yaaaa emang Al-qur'an itu qallamullah banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul cyyn, dan gak akan rugi bagi siapapun yang mau mengikuti apa yang Allah perintahkan dalam ALqur'an, karena itulah "manual book" nya manusia sebagai ciptaan Allah.

      Delete
  15. Al Qur'an itu memang mu'jizat. Anak yang hafal Al Qur'an, kecerdasannya meningkat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kita dianugerahi mukjizat ini ya bund

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ^^,
meninggalkan jejak yang baik akan membuat yang ditinggalkan menjadi lebih baik