Apakah Semua Kuman dan Bakteri Itu Jahat?

by - October 27, 2018


kuman, bakteri, kesehatan, probiotik, sehat, info
Allah Maha Sempurna, tidak ada kesempurnaan yang melebihi kesempurnaan-Nya. Kesempurnaan ini juga meliputi bagaimana Allah menciptakan kuman, bakteri, virus, parasit dan mikroorganisme lainnya di alam semesta ini. Semuanya diciptakan dalam rangka membuat keseimbangan yang sempurna.

Seorang dokter ahli yang lahir di Jepang kemudian pindah ke Amerika menyebutkan bahwa ternyata dalam tubuh manusia ada kuman. Kuman-kuman itu dapat dikategorikan dibagi ke dalam tiga bagian, yaitu kuman baik, kuman jahat, dan kuman netral.
Menurutnya, jumlah ketiga kuman ini memiliki jumlah persentase yang tidak sama, yaitu kuman baik 30%, kuman jahat 20%, dan kuman netral 50%.

Setiap makanan dan minuman yang halal dan baik yang masuk ke dalam tubuh manusia menyebabkan bakteri netral bertransformasi menjadi bakteri baik. Kemudian, bakteri baik ini berkolaborasi dengan bakteri baik lainnya sehingga menyebabkan tubuh manusia menjadi lebih sehat.

Bakteri baik dan bakteri netral inilah yang membantu metabolisme dalam tubuh manusia berjalan lebih baik sehingga keluhan-keluhan seperti batuk, pilek, pegal-pegal dan masuk angin dapat dihindari. Lain ceritanya kalau produk yang dikonsumsi manusia bersumber dari bahan sintetik dan tidak asli, belum lagi ditambah dengan bahan kimia lainnya, bakteri netral tadi akan bertransformasi menjadi bakteri jahat. Hal itu akan membuat metabolisme tubuh terganggu, bahkan perasaan manusianya juga akan terganggu.

Jadi, kunci dari baiknya tubuh kita sebenarnya adalah terletak makanan yang kita konsumsi, yang pada akhirnya akan menentukan bakteri netral ini akan bertransformasi menjadi baik atau jahat. Tapi bukan hanya makanan tubuh saja, makanan pikiran juga berpengaruh. Setiap pikiran negatif yang kita rasakan dapat membuat bakteri yang hidup dalam tubuh kita menjadi stres. Buktinya, orang-orang yang sedang tidak enak hati tidak akan merasa enak makan. Makanan yang dimakan tidak akan terasa nikmat, akhirnya makanan itu tidak akan membekas. Pikiran negatif dapat merusak bakteri baik dalam tubuh, sehingga  bakteri ini tidak akan bisa membantu mencerna makanan, ujung-ujungnya tubuh kita bermasalah.

kuman, bakteri, kesehatan,

Alam semesta ini, termasuk kuman tidak mempunyai niat sedikitpun untuk mengganggu manusia. Kuman, virus, dan bakteri tersebar dimana-mana, tetapi tidak semua orang terjangkit. Kenapa? Karena orang-orang itu sehat. Tubuh sehat, pikiran sehat, dan  mereka juga mempunyai pikiran yang positif, baik sangka terhadap tubuh mereka bahwa mereka sehat ini berasal dari keimanan mereka yang stabil.

Ada sebuah cerita. Ada dua orang anak, yang satu anak orang kaya, yang satu lagi anak orang biasa saja. Anak orang kaya saking takutnya kepada kuman, dia selalu membersihkan dan mencuci tangan dengan sabun antiseptik 99,99 % ampuh membasmi kuman. Sementara itu, anak orang biasa ini juga mencuci tangan tapi tidak dengan menggunakan antiseptik. Suatu ketika kedua anak ini makan di warung pinggir jalan. Kira-kira, yang kemungkinan besar akan sakit perut, mual atau diare anak yang mana? Jawabannya adalah anak orang kaya. Kenapa? Karena ketakutannya terhadap kuman terlalu tinggi sehingga perasaan cemas ini melemahkan imunitasnya sendiri melalui proses neurohormonal.

Menurut sebuah penelitian, di tangan manusia ada sekitar 150 jenis bakteri yang bisa menjadi filter ketika tangan kita memegang sesuatu. Bila kita mencuci tangan dengan antiseptik secara berlebihan maka bakteri ini akan mati semua.

Rasulullah menganjurkan untuk menjilati jari-jari tangan setelah makan. Faedahnya adalah agar kuman dan bakteri di tubuh kita saling mengenal dan tidak saling menyerang. Inilah salah satu hikmah kenapa kita lebih baik makan menggunakan tangan langsung, dan ada pahala ketika suami menyuapi istri ketika makan, seperti hadits ini, “Sesungguhnya sedekah yang paling besar (imbalannya dari Allah) adalah sesuap nasi yang disuapkan oleh seorang suami ke mulut istrinya.” [Shahih: Shahih Al-Bukhari, Shahih Muslim no. 4185]

Selain kuman dan bakteri, ada juga flora normal dalam tubuh kita yang membantu metabolisme yaitu probiotik. Makanan dari probiotik ini disebut prebiotik. Memperbanyak probiotik dan prebiotik ini akan membuat tubuh kita terlindungi dari serangan luar dan serangan dari penyakit autoimun yang sampai sekarang belum ada obatnya.

Masyaallah, baru mengetahui sedikit tentang makhluk Allah yang sangat kecil ini saja rasanya kita sudah berdecak kagum luar biasa, apatah lagi bila kita menyingkap semua hikmah dari semua ciptaan Allah.

Sungguh semakin kita mengenal makhluk, maka kita akan semakin cinta kepada penciptanya.

You May Also Like

17 comments

  1. Dari dulu aku selalu ingat. Kalo fi lobang wc jangan sitamkan sabun atau apa pun yang berlebihan sebab bisa membuat kuman pengurai mati dan bisa bikin wc malah tambah busuk loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oo gitu ya mba, sayamalah baru tau nih..

      Delete
  2. Dari dulu aku selalu ingat. Kalo fi lobang wc jangan sitamkan sabun atau apa pun yang berlebihan sebab bisa membuat kuman pengurai mati dan bisa bikin wc malah tambah busuk loh

    ReplyDelete
  3. Dasm mikro biologi ada pembahasan tentang managing basilus untuk umat manusia.

    ReplyDelete
  4. Masyallah.. Mmg tdak ada yg sia2 ya kak smua ciptaam Allah . Dan kta harusny sllu bersyukur akan smeua itu. Termasuk dg adanya smua jenis kuman d dalam tubuh kta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, semua ciptaan Allah gak ada yang sia-sia, kalo ada yang belum kita tau apa manfaat dari sesuatu, mungkin karena ilmu kita yang masih terbatas.

      Delete
  5. terima kasih mbak, dapat ilmu baru nih tentang kuman dan bakteri.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah ya, semoga berkah ilmunya ^^

      Delete
  6. so mengingatkan mak yang sudah mulai tua ni..

    ReplyDelete
  7. Tidak ada satupun ciptaan tuhan yang sia-sia, apalagi merugikan. Semua punya peran dan manfaatnya masing2

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju, kalopun ada yang kita tidak tau manfaatnya itu karena keterbatasan kita sebagai manusia saja

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung ^^,
meninggalkan jejak yang baik akan membuat yang ditinggalkan menjadi lebih baik